Hal Menarik Yang Terjadi di Naruto Shippuden 489

Januari 13, 2017

Episode filler Sasuke Shinden berakhir melalui Naruto Shippuden 488 yang telah ditayangkan Kamis minggu lalu, 5 Januari 2017. Episode tersebut mengisahkan klimaks perjalanan Sasuke dalam misi penebusan kesalahannya kepada Konoha, yang berujung pada terungkapnya sejarah kelam suku Uchiha yang pernah menjadi dalang musnahnya salah satu suku shinobi yang sangat kuat penguasa Kekkei Genkai jenis Dojutsu, yaitu Chinoike.

Kemudian kemarin, Naruto Shippuden berlanjut melalui Naruto Shippuden 489 yang telah ditayangkan kemarin, 12 Januari 2017 dengan kisah shinobi yang dikenal malas (namun sekaligus jenius) Shikamaru dengan judul Naruto Shippuden Episode 489 – Shikamaru’s Story: A Cloud Drifting in the Silent Dark, Part 1: The State of Affairs.

Seperti kisah Sasuke, misi yang di jalani Shikamaru dalam filler ini mengambil latar setelah chapter 699 dari manganya, dan diadaptasi dari novel Shikamaru Hiden: A Cloud Drifting in Silent Darkness yang ditulis oleh Takashi Yano, dan digambar oleh Masashi Kishimoto. Novel ini tidak lama lagi bakal diterjemahkan ke bahasa Inggris dan dirilis pada 2 Februari 2017.


Bicara latar waktu, seharusnya Shikamaru Hiden ini terjadi sebelum Sasuke Shinden. namun karena Studio Pierrot menganimasukan seri novel Naruto secara terbalik, maka kalian bakal sedikit kebingungan menyinggung alur waktu Naruto.

Shikamaru Hiden merupakan novel ke-2 dari 6 novel epilog Naruto, yang dirilis 4 Maret 2015 lalu, ditulis oleh Takashi Yano, dengan ilustrasi masih dipegang oleh Masashi Kishimoto. Novel sepanjang 226 halaman ini menceritakan mengenai pertarungan Jounin Shikamaru Nara dengan pengguna genjutsu terkuat.

Sedangkan melalui episode 489 anime Naruto Shippuden, kalian bisa menikmatinya dengan lebih mudah dipahami dalam bentuk animasi. Selain lebih jelas menggambarkan seperti apa keadaan Konoha masa kini, berikut beberapa hal penting dan menarik yang perlu kalian ketahui selama Part 1 (dari total lima bagian), The State of Affairs.

1. Setelah Kakashi Hiden, Sebelum The Last Naruto

Shikamaru Hiden ini sendiri mengambil latar waktu dua tahun pasca Perang Shinobi keempat, atau lebih tepatnya setelah cerita dalam novel Kakashi Hiden (yang sudah diterjemahkan juga), setelah Sasuke meninggalkan Konoha dalam rangka misi penebusannya, serta sebelum film The Last: Naruto the Movie.


Pasca perang, dimana-mana, telah mewabah beberapa insiden orang (shinobi) yang menghilang secara misterius. Bagitu juga di Konoha, Sai diketahui menghilang… Menurut Kakashi, Shinobi yang menghilang diketahui menuju ke suatu Negara berkembang yang misterius bernama “Negara Keheningan” (Land of Silence). Shikamaru mendapat Misi untuk membunuh kepala Negara Keheningan tersebut.


Negara Keheningan ini sendiri merupakan negara yang dipimpin para samurai di sebuah benua yang jauh. Sebuah negara kecil yang dikelilingi pegunungan serta menjalankan ekonomi pedesaan yang sesuai standar Negara Api. Ibukotanya disebut Curtain Village/Desa Tirai. Negara Keheningan pernah dipimpin oleh seorang daimyō, namun daimyō terseut digulingkan oleh Gengo dan para anggota Enlightened Ones yang dipimpinnya. Gengo sendiri menguasai Floating Prisoner Castle yang berlokasi di pusat Desa Tirai.

2. Wajah Baru Konoha


Meskipun Sasuke Shinden terjadi jauh setelah perang Shinobi, namun baru filler Shikamaru ini yang memperlihatkan dengan lebih mendetail seperti apa wajah Konoha pasca perang. Salah satu bagian episode 489 menunjukkan seperti apa Konoha masa kini yang makin padat dan seakan makin luas wilayahnya. Perhatikan perbandingannya melalui gambar di atas.

3. Tabok no Jutsu



Setelah kocaknya momen munculnya Team Taka selama Naruto Shippuden 485, kita tidak mendapatkan momen kocak lainnya di tengah anime ini. Namun kemarin tanpa diduga, Temari yang merasa tidak puas dengan sikap Shikamaru karena menjawab pertanyaan dengan tanda tanya lainnya.

Ketika wakil dari desa lain menanyakan perkembangan penyelidikan banyaknya Shinobi yang menghilang pasca perang dan juga menurunnya permintaan atas jasa shinobi (imbas keadaan damai), Shikamaru meresponnya dengan jawaban yang diplomatis. Sayangnya, Temari tidak puas, dan memilih melancarkan Tabok no Jutsu pada calon suaminya ini. Begitu kuatnya, bahkan shinobi jenius tangan kanan Hokage ini langsung tumbang!


Yup, ini adegan terbaik di tengah Naruto Shippuden 489. Jangan macam-macam dengan cewek ketika mereka lagi “waktunya!”

4. Studio Pierrot Memang Alergi SasuSaku


Adegan di atas juga memperlihatkan jika memang Studio Pierrot sedikit menganaktirikan SasuSaku. Tidak ada sedikitpun momen keduanya bersama diperlihatkan (selain tepok jidat), dan akhirnya membuat banyak penggemar Sasuke dan Sakura protes keras. Ketika tidak ada adegan SasuSaku dalam episode 488 kemarin, justru dalam Shikamaru Hiden ini kalian mendapatkan momen yang sangat memorable Tabok no Jutsu di atas!

6. Mempersiapkan Naruto Menjadi Hokage


Dari percakapan Hokage Keenam dengan Shikamaru di awal episode ini, kalian akan tahu siapa yang tidak berubah, masih seperti anak kecil. Dan untuk itulah, ada Shikamaru yang membantu Naruto membimbingnya agar siap menjadi pengganti Kakashi nantinya. Kami menyukai penggalan kata-kata Shikamaru pada Naruto yang satu ini. Singkat, namun mampu memberikan semangat pada Naruto.


“Ambilah misi sebanyak mungkin agar semua orang berkata hanya Naruto yg bisa melakukannya. Jika kau pikir mereka mengenalmu karena kau pahlawan dalam perang besar, kau salah. Kau akan menjadi Hokage, jangan pernah lupakan itu.”

8. Makan Ramen Itu Aneh!


Ramen memang identik dengan Naruto, yang dari awal memang digambarkan menyukai mie instant Jepang ini. Namun ketika kalian ramen hampir setiap hari, atau saat pagi hari, ternyata itu lebih aneh dibandingkan jalan-jalan di pagi hari (menurut Shikamaru).

Well, pada kenyataannya, memakan semua jenis makanan secara berlebihan itu memang tidak baik ya gaes. Jangan hanya karena Naruto suka makan ramen (bahkan untuk sarapan, makan siang dan makan malam), kalian juga ikut-ikutan selalu makan ramen… hehehe! Bisa-bisa kalian akan beraroma bawang putih seperti Naruto!

9. Tim 10 vs Tim 7



Bicara Naruto, apalagi ada Kakashi di awal episode ini, kita tidak lepas dari Tim 7. Namun keseluruhan episode pertama ini mengenai Tim 10. Melihat Choji, Ino dan Shikamaru reunian benar-benar membangkitkan kenangan masa lalu bukan. Namun entah kenapa, ketika kalian masuk ke lagu ending, dan ternyata, lagi-lagi Tim 7 yang dipajang di sana, semuanya menjadi sangat sentimentil…

Bonus Artikel Ini!

10. Ending Baru

Seperti yang sudah kami tuliskan sebelumnnya, ending musik Naruto Shippuden baru dimainkan oleh band Rock Jepang, Swimy. Judul ending theme song ini adalah “Absolutely” (絶絶, Zetsu Zetsu), dan menjadi ending ke-40 yang memulai debutnya selama Naruto Shippuden 489 kemarin.

Musik Naruto Shippuden ini mereka sendiri yang menulisnya, dan belum pernah dipublikasikan, serta khusus dibuat untuk mengiringi episode filler baru Naruto Shippuden, mengingat vokalis dan gitaris Swimy, Takumi dan Taiki Roido, merupakan fans berat Naruto.


Swimy, kelompok band rock yang berada dalam naungan label Ariola Japan ini beranggotakan empat personel. Ada Takumi pada Vocal & Guitar, Heisei no Mao (平成のまお) di posisi Vocal & Bass, Mikke (みっけ) untuk Vocal & Drums, serta Taiki Roido (タイキロイド) yang memegang Guitar & Chorus.

Swimy dibentuk di Shiga Prefecture pada Mei 2011 lalu, serta mulai beraktivitas di wilayah Kansai. Tiga bulan setelah dibentuk, mereka merilis demo pertamanya, “Moshimo”, dan berhasil masuk pada top 10 musik indie selama 11 hari berturut-turut. Lagu demo keduanya, “Aquarium” dirilis Februari 2012, dan diikuti lagu demo ketiga, “Boku to Kimi” pada bulan Agustus. Selanjutnya pada bulan September, mereka mengadakan tur di 14 lokasi. Pada Agustus 2013, lagu demo keempatnya yang berjudul “Triangle” dirilis.

Setelah sukses dengan beberapa demo, pada Maret 2015 mereka dikontrak label baru Tower Records’, FIRE STARTER, dan merilis single terbatas, “Mascot ni Aritakute”. Kemudian pada bulan Juni, mereka mendistribusikan album pertamanya secara nasional, Raburu to Uchuu.


Diantara semua lagunya yang paling dikenal adalah single “Acchi Muite,” yang dirilis 2 Maret 2016 lalu di bawah label Sony, Ariola Japan. Mendukung lagu tersebut makin dikenal adalah karena digunakan sebagai ending theme anime Gintama.

Sumber

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

x

Entri yang Diunggulkan

my favourite interior trends this season